Selasa, 19 April 2016

MATERI LEMBAR KERJA SISWA



Materi Lembar Kerja siswa
·  Menurut Hendro Darmodjo dan Jenny R. E. Kaligis (1992 : 40), LKS atau Lembar Kerja Siswa merupakan sarana pembelajaran yang dapat digunakan guru dalam meningkatkan keterlibatan atau aktivitas siswa dalam proses belajar-mengajar. Pada umumnya, LKS berisi petunjuk praktikum, percobaan yang bisa dilakukan di rumah, materi untuk diskusi, Teka Teki Silang, tugas portofolio, dan soal-soal latihan, maupun segala bentuk petunjuk yang mampu mengajak siswa beraktivitas dalam proses pembelajaran.
· Menurut Sudjana (Djamarah dan Zain, 2000), fungsi LKS adalah :  Sebagai alat bantu untuk mewujudkan situasi belajar mengajar¨ yang efektif.  Sebagai alat bantu untuk melengkapi proses belajar mengajar¨ supaya lebih menarik perhatian siswa.  Untuk mempercepat proses belajar mengajar dan membantu¨ siswa dalam menangkap pengertian-pengertian yang diberikan guru.  Siswa lebih banyak melakukan kegiatan belajar sebab tidak hanya¨ mendengarkan uraian guru tetapi lebih aktif dalam pembelajaran.  Menumbuhkan pemikiran yang teratur dan berkesinambungan¨ pada siswa.  Untuk mempertinggi mutu belajar mengajar, karena hasil belajar¨ yang dicapai siswa akan bertahan lama, sehingga pelajaran mempunyai nilai tinggi.
· Manfaat penggunaan media LKS dalam proses pembelajaran, seperti yang dikemukakan oleh Arsyad (2005) antara lain yaitu :  Memperjelas penyajian pesan dan informasi sehingga proses belajar¨ semakin lancar dan dapat meningkatkan hasil belajar.  Meningkatkan motivasi siswa dengan mengarahkan perhatian siswa,¨ sehingga memungkinkan siswa belajar sendiri sesuai dengan kemampuan dan minatnya.  Penggunaan media dapat mengatasi keterbatasan indera, ruang, dan¨ waktu.  Siswa akan mendapatkan pengalaman yang sama mengenai suatu¨ peristiwa dan memungkinkan terjadinya interaksi langsung dengan lingkungan sekitar.  Pada proses pembelajaran, LKS digunakan sebagai sarana pembelajaran¨ untuk menuntun siswa mendalami materi dari suatu materi pokok atau submateri pokok mata pelajaran yang telah atau sedang dijalankan.  Melalui LKS siswa harus mampu mengemukakan pendapat dan mampu¨ mengambil kesimpulan.
·Menurut Sadiq dalam (Widiyanto, 2008:14) LKS dapat dikategorikan menjadi 2 yaitu sebagai berikut:  Lembar Kerja Siswa Tak Berstruktur¨ Lembar kerja siswa tak berstruktur adalah lembaran yang berisi sarana untuk materi pelajaran, sebagai alat bantu kegiatan peserta didik yang dipakai untuk menyampaikan pelajaran. LKS merupakan alat bantu mengajar yang dapat dipakai untuk mempercepat pembelajaran, memberi dorongan belajar, berisi sedikit petunjuk, tertulis atau lisan untuk mengarahkan kerja pada peserta didik.  Lembar Kerja Siswa Berstruktur¨ Lembar kerja siswa berstruktur memuat informasi, contoh dan tugas-tugas. LKS ini dirancang untuk membimbing peserta didik dalam satu program kerja atau mata pelajaran, dengan sedikit atau sama sekali tanpa bantuan pembimbing untuk mencapai sasaran pembelajaran.
·Contoh LKS berstruktur :  LKS konvensional¨ LKS ini yang sekarang digunakan di sekolah- sekolah pada umumnya yang berupa print out dalam bentuk buku.  LKS Interaktif¨ LKS ini dibuat dan dijalankan dengan bantuan perangkat keras komputer atau CD player. LKS ini dapat memberikan respon umpan balik bagi siswa.
· Karakteristik LKS yang baik, menurut Sungkono (2009) adalah:  LKS memiliki soal-soal yang harus dikerjakan siswa,¡ dan kegiatan-kegitan seperti percobaan yang harus siswa lakukan.  Merupakan bahan ajar cetak.¡  Materi yang disajikan merupakan rangkuman yang¡ tidak terlalu luas pembahasannya tetapi sudah mencakup apa yang akan dikerjakan atau dilakukan oleh siswa.  Memiliki komponen-komponen seperti kata pengantar,¡ pendahuluan, daftar isi, dan lain - lain. Jones (Andayani, 2005:9) menyatakan LKS yang baik untuk diberikan kepada peserta didik, haruslah :  Bahasanya Komunikatif¨  LKS yang dibuat menggunakan bahasa yang menarik, tidak¨ membingungkan siswa dan mudah dimengerti.  Format dan Gambar harus Jelas¨  Format yang dipakai meliputi tampilan, penggunaan animasi dan¨ gambar background yang sesuai dengan materi.  Mempunyai Tujuan yang Jelas¨  Dapat menyampaikan ide pokok yang terkandung dalam LKS.¨  Memiliki isian yang memerlukan pemikiran dan pemprosesan¨ infromasi. Dalam LKS ini siswa dilatih mencari dan menemukan jawaban.
A. KEUNGGULAN LKS diantar lain:  memiliki keunggulan, seperti yang dikatakan oleh (Hartati, 2003) sebagai berikut:  Membantu siswa untuk mengembangkan dan¡ memperbanyak kesiapan  Dapat membangkitkan kegairahan belajar siswa¡  Mampu mengarahkan cara belajar siswa, sehingga lebih¡ memiliki motivasi yang kuat untuk belajar giat  Dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk¡ berkembang dan maju sesuai dengan kemampuan masing-masing
B. KELEMAHAN LKS diantara lain: memiliki kelemahan sebagai berikut:  Soal-soal yang tertuang pada lembar kerja¨ siswa cenderung monoton, bisa muncul bagian berikutnya maupun bab setelah itu.  LKS hanya melatih siswa untuk menjawab¨ soal, tidak efektif tanpa ada sebuah pemahaman konsep materi secara benar.  Di dalam LKS hanya bisa menampilakan¨ gambar diam tidak bisa bergerak, sehingga siswa terkadang kurang dapat memahami materi dengan cepat.  Menimbulkan pembelajaran yang¨ membosankan bagi siswa jika tidak dipadukan dengan media yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar