Materi Lembar Kerja siswa
· Menurut Hendro Darmodjo dan Jenny R. E.
Kaligis (1992 : 40), LKS atau Lembar Kerja Siswa merupakan sarana pembelajaran
yang dapat digunakan guru dalam meningkatkan keterlibatan atau aktivitas siswa
dalam proses belajar-mengajar. Pada umumnya, LKS berisi petunjuk praktikum,
percobaan yang bisa dilakukan di rumah, materi untuk diskusi, Teka Teki Silang,
tugas portofolio, dan soal-soal latihan, maupun segala bentuk petunjuk yang
mampu mengajak siswa beraktivitas dalam proses pembelajaran.
· Menurut
Sudjana (Djamarah dan Zain, 2000), fungsi LKS adalah : Sebagai alat bantu untuk mewujudkan situasi
belajar mengajar¨ yang
efektif. Sebagai alat bantu untuk
melengkapi proses belajar mengajar¨ supaya lebih menarik perhatian
siswa. Untuk mempercepat proses belajar
mengajar dan membantu¨ siswa dalam
menangkap pengertian-pengertian yang diberikan guru. Siswa lebih banyak melakukan kegiatan belajar
sebab tidak hanya¨
mendengarkan uraian guru tetapi lebih aktif dalam pembelajaran. Menumbuhkan pemikiran yang teratur dan
berkesinambungan¨ pada siswa.
Untuk mempertinggi mutu belajar
mengajar, karena hasil belajar¨ yang
dicapai siswa akan bertahan lama, sehingga pelajaran mempunyai nilai tinggi.
· Manfaat
penggunaan media LKS dalam proses pembelajaran, seperti yang dikemukakan oleh
Arsyad (2005) antara lain yaitu : Memperjelas penyajian pesan dan informasi
sehingga proses belajar¨ semakin
lancar dan dapat meningkatkan hasil belajar. Meningkatkan motivasi siswa dengan mengarahkan
perhatian siswa,¨ sehingga
memungkinkan siswa belajar sendiri sesuai dengan kemampuan dan minatnya. Penggunaan media dapat mengatasi keterbatasan
indera, ruang, dan¨ waktu. Siswa akan mendapatkan pengalaman yang sama
mengenai suatu¨ peristiwa
dan memungkinkan terjadinya interaksi langsung dengan lingkungan sekitar. Pada proses pembelajaran, LKS digunakan
sebagai sarana pembelajaran¨ untuk
menuntun siswa mendalami materi dari suatu materi pokok atau submateri pokok
mata pelajaran yang telah atau sedang dijalankan. Melalui LKS siswa harus mampu mengemukakan
pendapat dan mampu¨ mengambil
kesimpulan.
·Menurut
Sadiq dalam (Widiyanto, 2008:14) LKS dapat dikategorikan menjadi 2 yaitu
sebagai berikut: Lembar Kerja Siswa Tak
Berstruktur¨ Lembar
kerja siswa tak berstruktur adalah lembaran yang berisi sarana untuk materi
pelajaran, sebagai alat bantu kegiatan peserta didik yang dipakai untuk
menyampaikan pelajaran. LKS merupakan alat bantu mengajar yang dapat dipakai
untuk mempercepat pembelajaran, memberi dorongan belajar, berisi sedikit
petunjuk, tertulis atau lisan untuk mengarahkan kerja pada peserta didik. Lembar Kerja Siswa Berstruktur¨ Lembar kerja siswa berstruktur
memuat informasi, contoh dan tugas-tugas. LKS ini dirancang untuk membimbing
peserta didik dalam satu program kerja atau mata pelajaran, dengan sedikit atau
sama sekali tanpa bantuan pembimbing untuk mencapai sasaran pembelajaran.
·Contoh LKS
berstruktur : LKS konvensional¨ LKS ini yang sekarang digunakan di
sekolah- sekolah pada umumnya yang berupa print out dalam bentuk buku. LKS Interaktif¨ LKS ini dibuat dan dijalankan
dengan bantuan perangkat keras komputer atau CD player. LKS ini dapat
memberikan respon umpan balik bagi siswa.
· Karakteristik
LKS yang baik, menurut Sungkono (2009) adalah: LKS memiliki soal-soal yang harus dikerjakan
siswa,¡ dan
kegiatan-kegitan seperti percobaan yang harus siswa lakukan. Merupakan bahan ajar cetak.¡ Materi yang disajikan merupakan rangkuman yang¡ tidak terlalu luas pembahasannya
tetapi sudah mencakup apa yang akan dikerjakan atau dilakukan oleh siswa. Memiliki komponen-komponen seperti kata
pengantar,¡
pendahuluan, daftar isi, dan lain - lain. Jones (Andayani, 2005:9) menyatakan
LKS yang baik untuk diberikan kepada peserta didik, haruslah : Bahasanya Komunikatif¨ LKS yang dibuat menggunakan bahasa yang
menarik, tidak¨
membingungkan siswa dan mudah dimengerti. Format dan Gambar harus Jelas¨ Format yang dipakai meliputi tampilan,
penggunaan animasi dan¨ gambar
background yang sesuai dengan materi. Mempunyai Tujuan yang Jelas¨ Dapat menyampaikan ide pokok yang terkandung
dalam LKS.¨ Memiliki isian yang memerlukan pemikiran dan
pemprosesan¨ infromasi.
Dalam LKS ini siswa dilatih mencari dan menemukan jawaban.
A.
KEUNGGULAN LKS diantar lain: memiliki
keunggulan, seperti yang dikatakan oleh (Hartati, 2003) sebagai berikut: Membantu siswa untuk mengembangkan dan¡ memperbanyak kesiapan Dapat membangkitkan kegairahan belajar siswa¡ Mampu mengarahkan cara belajar siswa, sehingga
lebih¡ memiliki
motivasi yang kuat untuk belajar giat Dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk¡ berkembang dan maju sesuai dengan
kemampuan masing-masing
B. KELEMAHAN
LKS diantara lain: memiliki kelemahan sebagai berikut: Soal-soal yang tertuang pada lembar kerja¨ siswa cenderung monoton, bisa
muncul bagian berikutnya maupun bab setelah itu. LKS hanya melatih siswa untuk menjawab¨ soal, tidak efektif tanpa ada
sebuah pemahaman konsep materi secara benar. Di dalam LKS hanya bisa menampilakan¨ gambar diam tidak bisa bergerak,
sehingga siswa terkadang kurang dapat memahami materi dengan cepat. Menimbulkan pembelajaran yang¨ membosankan bagi siswa jika tidak
dipadukan dengan media yang lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar