GERAK MELINGKAR
1.
Tujuan
-
Menentukan kelajuan benda
-
Menentukan gaya sentripetal
benda yang bergerak melingkar.
2.
Alat
-
Beban kuningan
-
Beban karet
-
Penggaris
-
Neraca/timbangan
-
Stop watch
-
Pipa
-
Benang
3.
Dasar teori
Sebuah benda yang bergerak melingkar beraturan mempunyai
kelajuan V = . Untuk mempertahankan
agar lintasan yang di tempuh berupa lingkaran maka harus ada gaya yang menuju
pusat lingkaran.
F = m.a
= m
Besarnya gaya untuk mempertahankan kedudukan tidak lain adalah berat
beban,
W = m.g.
4.
Cara Kerja
- Rangkailah alat seperti gambar.
- Putarlah beban sebanyak 10 putaran. Tentukan waktu untuk melakukan 10 putaran dan ukur jari-jari dari benda yang bergerak melingkar.
- Ulangi langkah ke 2 beberapa kali untuk beberapa kelajuan benda yang berbeda.
5.
Data
NO
|
Masa
beban
|
|
Waktu
(10 putaran)
|
Jari-jari
putaran (R)
|
|
|
Kuningan
|
Karet
|
|
|
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
6.
Perhitungan
7.
Pertanyaan
- Dari hasil perhitungan kalau kelajuan benda semakin besar bagaimana jari-jari orbitnya.
- Bila orbit planet pada matahari dianggap berbentuk lingkaran tentukan besaran-besaran yang menyebabkan planet selalu dalam orbitnya.
8. Kesimpulan
What is the difference between casino games and slots?
BalasHapusSlot games are the https://tricktactoe.com/ most 출장마사지 popular types of casino games, and the poormansguidetocasinogambling majority are slots. and the most worrione.com commonly played herzamanindir.com/ slot games.